Animasi Masking pada Macromedia Flash

Semangat pagi timpal-timpal,, hehehe,, (mentang-mentang orang bali, pke bahasa bali nieh,,) yang gak tau,, “timpal” toe artinya “teman”,, maaf Cuma basa-basi ja,, hmmmm,, hari ini Saya mau berbagi lagi nieh, mudah-mudahan gak bosen yach,, hari ini kita akan membahas Animasi Masking pada Macromedia Flash, terserah teman-teman mau make M. Flash versi apa,, ini animasi standart jadi bisa muat dimana aja,,
Oke, biar kagak bertele-tele,, kita mulai aja nyok,,
Langkahnya:
  1. Buka Macromedia Flash, ”teman-teman bisa menggunakan versi apa saja”, tapi kali ini saya menggunakan M. Flash 8. Untuk membuka program udah tau kan caranya,,!
  2. Kemudian pada jendela awal, dalam kotak pilihan Creat New teman-teman pilih “Flash Document”
  1. Selanjutnya, klik Layer 1, dan rubah namanya menjadi ”text” (sebenarnya boleh di namakan apa saja, untuk mengingatkan kita saja).  caranya dengan ”mengklik double” (klik dua kali cepat). Sepeti berikut. 
    1. Kemudian kita akan mulai membuat animasi masking, dan yang akan di masking itu adalah teksnya. Klik ”Text Tool”  kemudian buat tulisan di ”Stage” dengan cara langsung mengklik area ”stage” setelah mengklik ”Text Tool”. Perhatikan gambar. 

    1. Setelah muncul kursor seperti gambar di atas, ketik tulisan yang teman-teman inginkan di keyboard. Misalnya ”wibawa_wean”. 

    1. Selanjutnya tambahkan satu Layer lagi, dengan mengklik “Insert Layer”. Dan ubah namanya menjadi “kotak”. Perhatikan gambar.

    1. Selanjutnya klik “Rectangle Tool” untuk membuat kotak.
    2. Dan klik “Fill Color” pada table Properties bagian bawah untuk merubah warnanya, dan pilih warna sesuai selera teman-teman, pada kali ini saya memilih warna pelangi. 
    3.  
      1. Kemudian buatlah kotak yang menutupi semua bagian tulisan yang sudah teman-teman buat tadi dengan menDrag (klik>tahan>tarik). Perhatikan gambar.
      2.  
        1. Kemudian pindahkan layer “kotak” ke bawah layer “text”, dengan cara mendrag layer “kotak” sampai di bawah layer “text”. Maka dengan demikian tulisan yang sudah tadi teman-teman buat akan terlihat. 
        2.  
          1.  Kemudian pada frame 10 layer “text” dan layer “kotak” kita seleksi dengan mendrag dari atas ke bawah atau sebaliknya, yang jelas frame 10 terseleksi. 
          2.  
            1. Setelah itu, frame yang sudah terseleksi tadi, kita klik kanan dan pilih “insert keyframe”. 
             
            1. Selanjutnya, klik frame 1 pada layer  “kotak”. 
            2.  
              1. Kemudian geser Kotak yang tadi sudah kita buat ke arah samping (atau mana saja, terserah kreasi kita), sampai tidak terhalang Tulisan yang tadi dibuat. Perhatikan gambar. 
              2.  
                ( Menggeser kotak bisa menggunakan arah pada keyboard atau langsung menggunakan mouse)
                1. Selanjutnya, klik layer “kotak” maka semua frame pada layer “kotak” akan terseleksi. Lihat gambar. 
                1. Pada frame yang terseleksi tadi, kita akan membuat suatu motion, dengan cara mengklik kanan pada frame yang sudah terseleksi tadi, dan pilih “create motion tween”
                 
                1. Selanjutnya klik kanan pada Layer “text”, dan pilih “MASK”. 
                2.  
                1. Selanjutnya, tinggal kita Lihat animasinya seperti apa. Dengan cara. Klik File>Publish Preview>Flash, atau dengan cara cepat di keyboard: ctrl+enter. 
                2.  
                  1. Tereeeeennggg,, animasi masking sudah jadi. 
                  2.  
                    NB: Tutorial ini hanya sebagai bayangan bagaimana membuat suatu animasi Masking, untuk selanjutnya, teman-teman bisa mengembangkannya, tentunya dengan inovasi-inovasi baru. Terima kasih ..Semoga bermanfaat..
                    ^_^  wibawa_wean  ^_^
                    Jangan lupa komentarnya ya..

                    Tidak ada komentar:

                    Posting Komentar

                    Bantu [ww]-Share dengan Komentar Anda
                    [walaupun hanya say "hay"]

                    [ww]-share [ww]-Share [ww]-Share
                    [ww] Share