Mengenal Software Pembelajaran Mandiri (SPM)


Semangat pagi rekan-rekan,,, pagi ini cukup membuat Saya kedinginan waktu mandi, hihii,, namun itu tidak mematahkan semangat Saya untuk terus berbagi. Kali ini Saya ingin berbagi informasi mengenai Software Pembelajaran Mandiri (SPM), yang biasanya digunakan untuk pembelajaran di rumah atau bisa juga digunakan sebagai media presentasi, selain itu SPM ini juga dikemas dengan fitur-fitur dan design yang menarik, sehingga seorang PeBelajar menjadi tertarik untuk belajar, sehingga bisa dikatakan mengubah sebuah pembelajaran kaku menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Menurut pengetahuan Saya, SPM ini dibuat dengan memanfaatkan

Program Macromedia Flash beserta fitur-fitur menarik dan sederhana di dalamnya, namun mungkin saja ada yang menggunakan Program lain, (maaf Saya belum tahu dan belum sempat menggunakan program-program lain tersebut)

Kali ini Saya akan mengulas mengenai pembuatan SPM dengan menggunakan Macromedia Flash. Dalam pembuatan SPM ini si perancang media (pembuat SPM) memiliki 2 options yaitu menggunakan beberapa files atau hanya menggunakan 1 file saja. Maksudnya disini, jika si perancang media menggunakan beberapa file maka dia akan menggunakan actions script LOAD_MOVIE, atau meggabungkan antara actions script GO_TO_AND_PLAY dengan LOAD_MOVIE, artinya dia akan membuat satu file sebagai INDEX atau HALAMAN_UTAMA, kemudian beberapa files yang lainnya akan dijadikan sebagai pendukungnya yang berisikan Bahan pembelajarannya, file-file inilah yang nantinya diLOAD atau diPANGGIL melalui actions-actions yang ada di INDEX/HALAMAN_UTAMA. Seperti halnya dalam pembuatan web site, kalau kita katakan web kita adalah INDEX, maka file-file yang ada di HOSTING adalah pendukung yang berisikan bahan pembelajarannya. Keuntungannya disini adalah dalam hal merubah/mengedit file informasinya/pendukungnya, karena kita bisa fokus pada satu info/fille pendukung saja. Namun kelemahannya pada tingkat pengaturan posisi dan penempatannya agar sesuai dengan letak pada INDEX/HALAMAN_UTAMAnya, selain itu, nama file *.swf pendukungnya harus sesuai dengan actions script yang digunakan pada INDEX, dan ini cukup membuat kita bingung dan harus extra hati-hati.

Selanjutnya options kedua adalah menggunakan satu file. Dalam pembuatan SPM jenis ini si Perancang Media menggunakan actions script GO_TO_AND_PLAY, atau mungkin menggunakan script-script pendukung untuk merubah Sound, memainkan Video atau yang lainnya. Tapi yang jelas dia tidak menggunakan LOAD_MOVIE. Biasanya pembuatan SPM jenis ini menggunakan Banyak Frame, atau mungkin menggunakan MOVIE_CLIPT sebagai isi bahan pembelajarannya. Keuntungannya disini adalah dari segi kesederhanaannya, kita tidak perlu membuat file-file yang lain lagi, dan kita tidak perlu khawatir tentang posisi dan penempatannya, karena kita langsung bekerja pada file INDEXnya, namun kelemahannya adalah dari segi pengeditannya, karena banyakknya frame yang digunakan menjadikannya kita sulit untuk menentukan dimana frame yang harus diedit/perbaiki (masalah ini kita bisa mensiasatinya dengan memperhatikan nama frame tersebut).

Sebagai bahan pertimbangan, teman-teman bisa mendownload SPM disini, ini adalah “SPM Matematika: Bangun Datar” yang saya buat ketika saya duduk di bangku SMK, jadi jika designnya kurang menarik, atau mungkin bahan pembelajarannya tidak sesuai dengan sasaran saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Baik, hanya itu informasi yang bisa Saya berikan mengenai Software Pembelajaran Mandiri, jiak ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan.

Semoga Bermanfaat
^_^ wibawa_wean ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bantu [ww]-Share dengan Komentar Anda
[walaupun hanya say "hay"]

[ww]-share [ww]-Share [ww]-Share
[ww] Share