Mengubah/Mengganti Ukuran Grid pada 3D Max


Semangat Siang teman-teman,, wah siang ini cuaca panes banget iia,, uuchh, tapi itu tidak mematahkan semangat untuk terus berbagi ilmu dan informasi kepada teman-teman yang membutuhkan,, siang ini saya akan berusaha untuk membagi pengetahuan mengenai cara untuk mengganti ukuran grid pada 3D Max, yaaa,, seperti kita tahu ukuran sangat menentukan dalam pembuatan obyek atau istilahnya Modeling Obyek, karena jika sesuai dengan obyek realnya maka kita dengan mudah untuk mengkreasikannya. Oke, tanpa basa-basi lagi,, yang pertama siapkan kopi dulu,, heheheh,, canda boss,,
Langkahnya:
1.    Kita buka PROGRAM 3DS MAX. “Seperti tutorial secara umum, saya tidak perlu jelaskan lagi mengenai langkah-langkah membuka program 3DS MAX,


karena saya tahu anda pasti sudah menguasai hal ini”.
2.    Sebenarnya ada banyak ukuran grid pada 3D Max, tapi pada kali ini Saya contohkan dengan merubah ukuran grid menjadi “CM”
Caranya:
a.   Klik Customize > Units Setup

b.   Pada kotak dialog Units Setup klik Radio botton Metric >kemudian ubah pilihan “Meters” menjadi “Centimeters” dengan mengKlik tombol dropdown (segitiga mengarah ke bawah disamping kanan text “Meters”)

c.    Klik System Unit Setup  maka akan keluar kotak dialog System Unit Setup. Kemudian pada kotak dialog System Unit Scale isiskan “5 centimeters” pada isian 1 unit. (ini akan mengubah ukuran setiap satu kotak grid menjadi  5 centimeter) kemudian klik OK.

d.   Klik OK pada kotak dialog Unit Setup.

e.   Klik kanan pada Snap Toggle maka akan keluar kotak dialog Grid and Snap Settings >kemudian klik Home Grid dan pada kotak isian Grid Spacing isikan “5” lau close. (ini akan mengubah jarak antar grid menjadi 5 cm)

f.     Kemudian kita besarkan tampilan menggunakan Zoom All sampai menemukan grid paling akhir (dalam). “untuk mengefisienkan modeling obyek yang real saya sarankan peModelingan obyek dilakukan di tampilan ini”

Oke, ukuran grid sudah dirubah, dan siap untuk berKreasi,, semoga bermanfaat.

^_^ wibawa_wean ^_^
J J J J J


1 komentar:

Bantu [ww]-Share dengan Komentar Anda
[walaupun hanya say "hay"]

[ww]-share [ww]-Share [ww]-Share
[ww] Share