Membuat Model Kursi_3d Dengan Pemodelingan Dasar


Selamat siang kawan,, huhh hari ini bingung mau post apa, tapi dengan semangat membara karena ingat dengan moto hidup Saya, “Berfikir, Berbuat, Berhasil”. Hahh.. saya jadi semangat lagi niieehh,, Hari ini saya akan berbagi lagi mengenai MODELING DASAR 3D. Kita akan membuat Model Kursi, yang dimana Model Kursi ini merupakan modeling dasar yang paling baik untuk belajar Mengenai Pemodelingan Obyek. Pembuatan Model Kursi ini, secara umum menggunakan Obyek Geometry BOX, yaitu dengan mengefektifkan penggunaan Editable Poly kemudian membentuk/memahat dengan menggunakan EXTRUDE, sehingga pada dasarnya Model Kursi ini merupakan dasar pemodelingan semua obyek.
Untuk lebih jelasnya kita langsung praktek aja youk,, 
Langkahnya:
PENTING: Ganti Terlebih Dahulu UKURAN GRID Menjadi “CM”, supaya mudah menentukan ukurannya. Tutorialnya sudah saya jelaskan sebelumnya, klik disini untuk melihatnya.
1.   Untuk dasar/alas kita buat Obyek Geometry BOX pada Viewport Perspective dengan parameters sbb:
Length: 50, Width: 50, dan Height: 5.


2.    Pastikan Obyek terseleksi/terpilih setelah itu Pada Tab Modify, klik kanan pada text/tulisan “Box” lalu pilih Editable Poly

3.    Nah sekarang kita sudah mempunyai sebuah obyek Box yang sudah ter Editable Poly, selanjutnya hanya perlu imajinasi untuk membentuk obyek tersebut menjadi sebuah bangku/kursi! LANJuuuUT..!!
Sekarang kita perlu menambah garis pada obyek tersebut, caranya:
Klik Edge pada rollout Selection

Kemudian tekan F4 pada keyboard untuk memunculkan garis seleksi.

4.    Klik salah satu garis tersebut

5.    klik Ring pada rollout Selection. (fungsi Ring untuk menseleksi semua garis  yang sejenis dengan garis yang terseleksi sebelumnya)

6.    Klik kotak kecil di samping tombol Connect, kemudian akan muncul kotak dialog Connect Edges, lalu isikan angka “2” pada kotak isian Connect Edge Segments. Kemudian klik OK.

Dengan demikian garis yang sudah terseleksi dengan menggunakan ring tersebut (lihat pada langkah ke 5) akan dihubungkan oleh 2 buah garis. “lihat gambar”

7.    Selanjutnya kita klik bebas (free click). Pastikan Selection Edge masih tetap terpilih, lalu Klik salah satu garis penghubung tersebut.

8.    Selanjutnya klik Ring. Maka garis yang sejenis akan ikut terseleksi.

9.    Kemudian Klik kotak kecil di samping tombol Connect, kemudian akan muncul kotak dialog Connect Edges, lalu isikan angka “2” pada kotak isian Connect Edge Segments. Kemudian klik OK.
Dengan demikian garis yang sudah terseleksi dengan menggunakan ring tersebut (lihat pada langkah ke 8) akan dihubungkan oleh 2 buah garis. “lihat gambar”
10. Selanjutnya kita akan membuat kaki dan sandaran bangku/kursi tersebut.
Caranya: Aktifkan Viewport Top (klik bebas pada Viewport Top). Kemudian klik Vertex pada Rollout Selection. (ini berfungsi untuk menseleksi titik-titik pada obyek)

11. Selanjutnya, pada Viewport Top seleksilah 8 Vertex/titik di tengah secara vertical (atas ke bawah) dengan cara klik dan tahan dari atas sampai bawah (drag) sehingga vertek-vertek tersebut akan terseleksi. “lihat gambar” .

12. Kemudian klik Select and Uniform Scale.
                
13. Selanjutnya  tarik/drag (klik dan tahan) sumbu X ke kanan sehingga terlihat seperti gambar.
                                
14. Kemudian seleksi 8 Vertex/titik di tengah secara horizontal(kiri ke kanan) dengan cara klik dan tahan dari kiri sampai kanan (drag) sehingga vertek-vertek tersebut akan terseleksi. “lihat gambar” .

15. Pastikan Select and Uniform Scale masih tetap terpilih, lalu tarik/drag (klik dan tahan) sumbu Y ke atas sehingga terlihat seperti gambar.

16. Selanjutnya, aktifkan Viewport Perspective(klik bebas pada Viewport Perspective).
Kita mulai fokus pada pembentukan obyek, “ini yang paling mengasykkan”.
Klik Min/Max Toggle untuk memperbesar tampilan Viewport Perspective,

Tujuannya supaya kita lebih fokus pada pekerjaan.

17. Kemudian kita putar tampilan menggunakan Arc Rotate. Sehingga muncul  Kontrol Rotasi (berbentuk lingkaran).

Tujuannya, supaya kita bisa melihat bagian bawah obyek (untuk membuat kaki kursi).

Kemudian drag dari bawah sampai atas sehingga terlihat seperti gambar.

18. Kemudian posisikan tampilan obyek di tengah-tengah, supaya lebih mudah membentuknya.
Caranya: klik Pan. Lalu drag dari atas sampai bawah sampai posisi oobyek di tengah-tengah.

19. Klik Polygon, fungsinya untuk menseleksi bidang, yang ingin di bentuk.

20. Selanjutnya seleksi ke-4 bidang kecil yang akan dibentuk menjadi kaki kursi.
Caranya: tekan Ctrl, kemudian klik bidang-bidang tersebut. “lihat gambar”

21. Klik kotak kecil di samping Extrude, pada rollout Edit Polygons , maka akan muncul kotak dialog Extrude Polygons.

22. Pada Kotak dialog Extrude Polygons,  Pastikan Radio Button Group terpilih, dan isikan angka “30” pada kotak isian Extrusion Height. Kemudian klik OK. Maka otomatis pada masing-masing bidang yang terseleksi akan muncul Kaki kursi. “seperti pada gambar”
23. Kemudian rotasi/putar tampilan obyek sehingga menjadi seperti gambar. (ingat dan perhatikan langkah ke- 17 dan 18).

24. Kemudian klik Select Object, untuk mengembalikan pointer menjadi Normal.
                     
25. Sekarang kita mengacu pada pembuatan Sandaran kursi, caranya: Klik Polygon pada rollout Selection (fungsinya sudah saya jelaskan pada langkah ke20)
                                                   
26. Kemudian seleksi bidang kotak kecil dengan cara: tekan dan tahan Ctrl dan klik bidang-bidang tersebut, sehingga terlihat seperti pada gambar.

27. Klik kotak kecil di samping Extrude, pada rollout Edit Polygons , maka akan muncul kotak dialog Extrude Polygon

28.  Pada Kotak dialog Extrude Polygons,  Pastikan Radio Button Group terpilih, dan isikan angka “35” pada kotak isian Extrusion Height. Kemudian klik OK. Maka otomatis pada masing-masing bidang yang terseleksi akan muncul balok  “seperti pada gambar”.

29. Kemudian klik Edge pada Rollout Selection.

30. Kemudian klik salah satu garis pada balok tersebut, dan klik Ring. (ingat langkah ke-4 dan 5)

31. Klik kotak kecil di samping tombol Connect, kemudian akan muncul kotak dialog Connect Edges, lalu isikan angka “2” pada kotak isian Connect Edge Segments. Kemudian klik OK.
                                          
32. Selanjutnya aktifkan Viewport Front (ingat langkah ke-18), kemudian pastikan obyek dalam keadaan terpilih/terseleksi. Pada tab Modyfy, klik Vertex, dan seleksi vertex sesuai gambar (ingat langkah ke-11 & 14)

33. Selanjutnya  klik Select and Uniform Scale, kemudian tarik sumbu Y ke atas, sesuai dengan gambar.

34. Selanjutnya aktifkan Viewport Perspective, saya harap anda masih ingat hal ini.
Perhatikan obyek agar masih dalam keadaan tepilih, lalu klik Polygon.

35. Kemudian klik bidang balok (senderan bagku) pada bagian tengah, perhatikan gambar.

36. Klik Kotak kecil disamping Extrude pada rollout edit geometry, kemudian isi kotak isian Extrusion Height dengan angka 40, lalu klik OK.

37. Kemudian tekan “Z” pada keyboard, lalu Render (“F9”)
Tereennggg,, jadilah sebuah kursi.!
semoga bermanfaat...
^_^ wibawa_wean ^_^

2 komentar:

  1. pasti penguasaan mtk2nya jago si agan... nice post dan salam. oh iya link agan dah terpasang di blog ane..

    BalasHapus
  2. Ah,, baisa aje gan, baru belajar juga,,

    BalasHapus

Bantu [ww]-Share dengan Komentar Anda
[walaupun hanya say "hay"]

[ww]-share [ww]-Share [ww]-Share
[ww] Share